Jumat, 06 Juli 2012

ES, DSS, EIS, & IS


      1. Expert system adalah program komputer yang dirancang untuk memiliki kemampuan menyelesaikan masalah seperti apa yang biasa dilakukan Seorang pakar. Keuntungan yang diberikan system pakar antara lain: Memungkinkan orang awam bisa mengerjakan pekerjaan para ahli, bisa melakukan proses secara berulang, dan dapat menghemat waktu.

      Contoh: aplikasi untuk mendiagnosis jenis penyakit mata pada manusia
      
       tahap pembuatannya: Tahap pertama yaitu membuat latar belakang medis macam-macam penyakit mata melalui wawancara pribadi dengan dokter spesialis mata. Tahap kedua data tersebut kemudian diolah menjadi aplikasi yang mudah dan dapat digunakan masyarakat secara umum.

Cara kerjanya yaitu user akan diminta untuk menjawab pertanyaan sesuai dengan gejala yang dirasakan, user menjawab dengan pilihan jawaban ya atau tidak. Setelah menjawab beberapa pertanyaan, maka aplikasi akan menghasilkan kesimpulan mengenai jenis penyakit mata yang diderita user dan memberikan solusi atau cara penanganan terhadap jenis penyakit yang diderita tersebut.
  
      2. Decision support system adalah sistem yang berbasis komputer yang dipergunakan untuk membantu manajer dalam proses pengambilan keputusan. Keberadaan DSS bukan untuk menggantikan tugas-tugas manajer, tetapi untuk menjadi sarana penunjang bagi mereka. Beberapa manfaat dari DSS antara lain: dapat menghasilkan solusi dengan lebih cepat serta hasilnya dapat diandalkan, mampu menyajikan berbagai alternatif, dan menghematan waktu yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah.

Contoh: system pengambil keputusan mahasiswa berprestasi

Secara garis besar DSS ini dibangun oleh tiga komponen besar:
 
  Database = berisi kumpulan dari semua data mahasiswa yang dimiliki universitas, baik berupa nilai akademik, absensi kehadiran, UKM, prestasi yang di raih, dll. 
    Model Base = suatu model yang merepresentasikan Database ke dalam model matematika sebagai dasar pengambilan keputusan termasuk didalamnya komponen-komponen terkait serta kriteria—kriteria tertentu.
   Software System = Kedua komponen tersebut untuk selanjutnya disatukan dalam komponen ketiga (software system), aplikasi ini kemudian akan menampilkan mahasiswa-mahasiswa yang memenuhi kriteria mahasiswa berprestasi sehingga membantu dosen mengambil keputusan lebih efisien

3. Executive information system adalah sistem yang menyediakan informasi bagi eksekutif tentang kinerja organisasi untuk mendukung kegiatan dan pekerjaannya. EIS pada dasarnya terdiri atas sebuah komputer personal (PC) yang terhubung ke suatu basis data eksekutif. Sistem ini akan memberikan tampilan informasi yang sesuai dengan permintaan, informasi biasanya disajikan dalam bentuk diagram/grafik.

Contoh: EIS dalam industri kendaraan bermotor 

Dengan adanya laporan penjualan tiap-tiap dealer motor yang tersimpan di database system, maka EIS dapat menampilkan model jaringan penjualan dealer sehingga eksekutif dapat menganalisis model penjualan yang efisien. Selain itu eksekutif juga dapat memodelkan pengendalian biaya manufaktur yang baik dari diagram biaya-biaya produksi yang ditampilkan oleh EIS.


 
4. intelligence system adalah sistem yang menyerupai atau meniru cara berfikir manusia. Sistem kerja otak yang berfungsi sebagai pengendali dari semua proses tersebut, dianalogikan dalam bentuk persamaan-persamaan yang diubah dalam suatu pemograman yang dapat dimengerti oleh mesin komputer.

Contoh: Robot Bigdog

system cerdas yang ditanamkan pada robot BigDog dapat menjaga keseimbangan. Bigdog adalah robot berkaki yang dikembangkan agar memudahkan manusia untuk membawa barang melalui medan yang bervariasi.  keseimbangan antara kecepatan dan percepatan menggunakan sensor yang terdapat pada tiap kakinya digabung dengan informasi medan yang akan dilaluinya. Informasi tersebut diolah pada pusat sistem sehingga membantu Bigdog untuk berjalan, menyeimbangkan tubuhnya, dan menyebarkan beban pada keempat kakinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar