Sabtu, 14 Januari 2012

Tips pada saat USM STAN

STAN menerapkan nilai mati untuk setiap bagian soal, Syarat nilai standar USM STAN adalah 1/3 dari jumlah soal perbagian soal (TPA dan B.Inggris).Untuk TPA, kita harus menjawab benar 40 soal dari 120 soal. dan Bahasa Inggris harus terjawab benar 20 soal dari 60 soal. Jika syarat ini tidak memenuhi, maka dapat dipastikan, kalian tidak lulus USM STAN.Jadi, kerjakanlah terlebih dahulu 40 soal pada bagian TPA (Tes Potensi Akademik) , lalu langsung balikkan halaman soal ke soal bahasa Inggris dan kerjakan 20 soal. Setelah itu kalian bisa memulai lagi dari TPA. Bayangkanlah betapa menyesalnya kalian ketika kalian memaksakan mengerjakan semua TPA dahulu dan kehabisan waktu mendapatkan jawaban benar 20 soal dalam Bahasa Inggris. Setelah kalian melakukan hal diatas, kalian akan merasa lebih enteng,lebih plong..dan lebih fokus untuk mengerjakan soal selanjutnya,rasanya seolah-olah ada batu seberat 20 kg yang baru saja terangkat dari pundak kalian.. percaya deh!!!…. Karena begitu banyaknya peserta USM STAN, kita tidak bisa menargetkan memenuhi nilai mati saja, tapi carilah poin benar sebanyak-banyaknya. Sebagai info tambahan, system penerimaan USM STAN adalah sebagai berikut, pertama-tama panitia akan menyaring jumlah peserta yang lulus USM STAN (yang memenuhi kriteria nilai mati) misalkan yang lulus tahun ini ada 18ribu orang dari 105ribu pendaftar.lalu diantara orang-orang yang lulus itu akan di peringkatkan dari 1 sampai 18 ribu.Nah, misalnya tahun ini STAN menerima sebanyak 3ribu mahasiswa baru. Jadi diantara 18 ribu orang yang lulus itu hanya akan diambil 3 ribu orang peringkat teratas dan diurutkan berdasarkan pilihan jurusan/spesialisasi saat mendaftar.

Sistem Penilaiannya adalah benar = +4, ga dijawab = 0, salah = -1. Waktu untuk menjawab seluruh soal USM STAN adalah 150 menit (mungkin untuk tahun ini bisa beda). Jadi kalau dihitung-itung, kita tidak memiliki waktu yang banyak untuk menjawabnya. Sediakan waktu tertentu, misalnya 80 menit mengerjakan TPA dan 40 menit untuk Bahasa Inggris, dan sisa waktunya 30 menit kita gunakan untuk mengisi kembali jawaban yang belum terjawab (ini adalah pembagian waktu saya waktu USM dulu). Ada beberapa soal yang bisa dikerjakan hanya dalam 10 detik. Namun ada juga soal yang membutuhkan waktu hampir 7 menit untuk mengerjakannya. Intinya adalah usahakan kalian dapat membagi waktu mengerjakan soal se-efektif dan seefisien mungkin…
Saran saya, apabila kalian berhadapan dengan soal yang kalian agak burem ingatannya (lupa-lupa ingat gitu) cobalah bertaruh dengan jawaban yang kalian rasa terlintas terus di pikiran kalian. Sedangkan jika soal yang kalian hadapi benar-benar blank (saya gambarkan pikiran kalian gelap, sama sekali tak ada gambaran untuk menjawabnya) maka kosongkan saja jawaban soal itu dan segera beralih ke soal selanjutnya.

Good Luck ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar