Sabtu, 14 Januari 2012

Tips & trik USM STAN

Di bawah ini mungkin ada beberapa tips dan trik langsung dari beberapa mahasiswa STAN sendiri diurutkan berdasarkan kronologis (waktu):

1. Dari sekarang sampai selesai UAN
Utamakan UAN terlebih dahulu, karena syarat utama untuk bisa ikut USM STAN itu ya lulus UAN dengan nilai rata-rata minimal 7,00. Cari informasi sebanyak-banyaknya dulu tentang STAN, baik dari kakak kelas SMA maupun dari internet.
Intinya cari informasi dulu dan fokuskan belajarnya untuk menghadapi UAN.

2. Selesai UAN sampai hari pertama pendaftaran USM STAN 2011
Nah, baru setelah selesai UAN kalian mencicil mengerjakan soal-soal USM STAN tahun sebelum-sebelumnya dan hapalkan tipe-tipe soal yang kalian cicil.
Dan ini yang terpenting, cari tahu tentang kapan pendaftaran USM STAN 2011 dibuka dan apa-apa saja persyaratannya ( like fanspage USM STAN d fb)

3. Selama pendaftaran USM STAN 2011 dibuka
Usahakan hari pertama pendaftaran itu kalian langsung daftar! Jangan menunda-nunda, karena semakin cepat semakin baik. baru deh tingkatkan frekuensi mengerjakan soal-soal USM STAN.

4. Penutupan pendaftaran USM STAN 2011 sampai H-2 USM STAN 2011
Mulailah belajar intensif untuk terbiasa mengerjakan soal-soal USM STAN. Akan lebih baik kalo kalian hapal dan paham tentang soal-soal USM STAN tahun-tahun terdahulu (fokus pada soal-soal USM STAN 3 tahun sebelumnya). cobalah untuk melakukan Try Out atau simulasi untuk Ujian agar terbiasa dengan waktu yang sangat terbatas pada saat ujian nanti.


5. H-1 USM STAN 2011
Persiapkan dua buah pensil 2B yang asli, sebuah penghapus, rautan pensil, alas tulis (kalau perlu) dan sebuah jam arloji yang biasa saja (yang penting bisa untuk mengetahui waktu). Survey lokasi ujian agar benar-benar tahu persis dimana tempat duduk kalian. Usahakan tidur lebih awal pada malam harinya dan jangan belajar. Karena saat-saat seperti ini adalah saat buat otak untuk di-”charge”.

6. Hari-H / Hari saat Pelaksanaan USM STAN 2011
Sebaiknya bangun lebih pagi, paling telat jam 5 pagi untuk yang rumahnya deket dengan lokasi ujian. Untuk yang rumahnya jauh, antisipasi sendiri. Jangan lupa untuk sarapan dan minta doa restu dari orang tua. Berangkat lebih awal dan usahakan datang di lokasi ujian 45 menit sebelum ujian dimulai. Biar tidak terburu-buru dan tidak terlalu lama menunggu, karena biasanya 10-15 menit sebelum ujian dimulai peserta sudah dipersilakan masuk ke dalam ruang lokasi ujian.

Smoga bermanfaat =)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar